Box Subwoofer Yang Tepat Untuk Performa Audio Video Mobil

Berbicara mengenai audio video mobil yang bagus, banyak hal yang perlu menjadi perhitungan dan perhatian. kalau dalam artikel sebelumnya kita membahas tentang storing pada audio video mobil, pada edisi artikel kali ini klinik otomotif akan membahas sedikit banyak mengenai box subwoofer yang tepat agar subwoofer anda memiliki performa yang maksimal.

Karakteristik dari suara subwoofer terbaik mempunyai banyak persepsi atau pengertian, berdasarkan teori, subwoofer terbaik idealnya mengeluarkan suara diantara frekuensi 60 Hz ke bawah, semakin rendah subwoofer mampu mengeluarkan suara, seharusnya semakin baik. karena untuk mendapatkan suara maksimal, dibutuhkan keahlian seorang instalatur dalam mengetahui karakteristik subwoofer yang akan digunakan serta penggunaan box subwoofer yang sesuai.

Masih berdasarkan teori, untuk mendapatkan box subwoofer yang tepat, minimal diketahui volume box subwoofer yang dibutuhkan serta daya yang harus diberikan pada subwoofer tersebut sehingga mampu mengeluarkan seluruh performanya.

Bermodalkan Thile & small parameter (T/S Parameter) yang dimiliki subwoofer, anda dapat mengetahui volume boxsubwoofer tersebut, jenis box subwoofer yang paling cocok dan kemampuan subwoofer dalam mengeluarkan frekuensi suara.

Teori sederhana menentukan jenis box subwoofer :

tentukan nilai Efficiency Bandwidth Product (EBP) dari subwoofer dengan rumus Fs/Qes dimana Fs ialah fequency response subwoofer pada udara bebas dan Qes ialah nilai electrical “Q” yang dikeluarkan subwoofer.

Jika nilai EBP kurang dari 0.5, dinyatakan lebih maksimal menggunakan box subwoofer sealed. sedangkan jika nilai EBP antara 0.5 – 0.7, bisa menggunakan jenis box subwoofer sealed atau box subwoofer ported. Andaikan nilai EBP lebih dari 0.7, maksimalnya menggunakan box subwoofer jenis ported.

Sedangkan untuk mengetahui volume box subwoofer, Anda dapat menggunakan software perhitungan gratis dari berbagai web khusus, diantaranya Bassbox, Unibox, WinISD, AJ Design dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak cukup hanya sampai di situ, setelah penggunaan jenis box subwoofer serta volume sesuai dengan subwoofer yang digunakan, langkah terakhir ialah tuning..

Dalam mentuning subwoofer, banyak faktor yang diperhatikan, diantaranya kabin gain dan penempatannya dalam kabin kendaraan. Disinilah kepiawaian seorang instalatur dipertaruhkan. tuning ini akan disesuaikan dengan selera anda, apakah anda ingin subwoofer bersuara tight, depth, focus, punchy, subsonic, powerfull dll. Tapi seharusnya, subwoofer yang baik, semua karakteristik tersebut tersedia.

Leave a Comment