Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Anda mungkin sering menemukan bahkan mengalami tiba-tiba mesin mobil Anda cepat panas, lalu kemudian mogok karena overheat. Ya, kondisi menyebalkan ini memang sering kali terjadi terutama pada mobil-mobil yang dipaksakan kerja terus menurus pada track yang berat. Contohnya, jalan menanjak dipengunungan, perjalanan jauh, membawa muatan yang berat dan lain-lainya.

Mesin mobil cepat panas dan overheat biasanya dialami oleh mobil-mobil yang berumur tua. Meskipun hal ini bisa saja terjadi pada mobil baru. Kecenderungan mobil yang mengalami masalah seperti ini adalah karena tidak terawatnya komponen-komponen mobil tertentu, sehingga mesin mobil cepat panas dan overheat.

Berikut ini Adalah 6 komponen utama penyebab mesin mobil cepat panas :

1. Radiator Bocor

Radiator mobil yang bocor akan mengurangi volume air yang ada didalamnya bahkan menghabiskannya. Jika volume air didalam radioator berkurang maka kerja radiator untuk mendinginkan mesin akan sangat tidak optimal, sehingga mesin mobil cepat panas.

2. Tutup Radiator

Bisa jadi tutup radiator mobil Anda kurang rapat atau rusak. Kondisi ini akan membuat air radiator cepat habis karena menguap atau tertumpah keluar karena goncangan mobil saat berjalan. Jika tutup radiator Anda rusak maka mempengaruhi kinerja suplai air cadangan ke radiator.

3. Selang Radiator

Selang radiator yang sudah tua akan menurunkan kinerja radiator dalam mengalirkan cairan panas dan dingin dari mesin ke radiator atau sebalikanya. Jadi, pastikan betul selang radiator Anda dalam kondisi yang baik.

4. Kipas Radiator

Kipas radiator memiliki fungsi menyalurkan udara untuk mendinginkan air yang ada didalam radiator. Jika kipas radiator Anda perputarannya lemah atau mati, temperatur air radiator akan sangat tinggi, sehingga fungsi radiator sebagai pendingin mesin tidak akan berfungsi maksimal.

5. Pompa air Radiator

Pompa air memiliki fungsi mengalirkan air pendingin menuju mesin dan mengalirkan air panas dari mesin menuju radiator. Apa bila pompa air radiator Anda bermasalah, lagi-lagi ini akan menghambat fungsi kerja radiator sehingga temperatur mobil naik.

6. Thermostat

Penyebab mesin mobil cepat panas yang terahkir adalah thermostat. Thermostat memiliki fungsi menyalurkan air dari mesin mobil ke pendingin. Kalau thermostat Anda tidak berkerja secara baik, maka fungsi radiator sebagai pendingin juga tidak akan berfungsi maksimal.

Jadi, Kalau mesin mobil Anda tiba-tiba panas maka segeralah menepi, posisikan kopling mobil pada posisi P untuk mobil matic dan N untuk mobil manual. Jangan lakukan apapuan dalam posisi mesin mobil panas. Matikan mesin dan diamkan sejenak sampai mesin Anda benar-benar dingin. Setelah itu baru mulailah indentifkasi satu persatu penyebab temperatur mobil naik dari tutup radiator, volume air radiator, putaran kipas, pompa air dan lain-lainya.

Leave a Comment