Tips Membeli Mobil Bekas ? Lakukan Dengan 6 Cara Ini

Kalau Musim hujan tiba, buat Anda yang sudah sejak lama memimpikan mobil pribadi, inilah saat yang tepat buat nambah alasan kenapa harus segera beli mobil. Ndak harus mobil baru juga asal tidak kehujanan dan terbebas dari masuk angin.

Membeli mobil bekas tentu ada triknya biar mobil yang Anda dapat sesuai dengan yang diharapkan dan tidak menguras kantong. Jangan sampai budjet Anda Cuma 50 juta tapi memimpikan mobil bekas type tertentu yang harga pasarannya 100 juta, itu bunuh diri namanya….

Kalo tidak mau ribet, datang saja ke showroom mobil bekas dikota Anda. Carilah showroom yang terpercaya, jadi Anda tidak perlu khawatir ditipu. Kalo showroom abal – abal ya sama aja Anda musti berfikir keras lagi, kalo Anda tidak jeli yang ada nanti kena tipu kan.

Kalo ane pribadi sih lebih demen hunting mobil sendiri, ada kepuasan tersendiri jika memiliki mobil benar – benar hasil pencarian dan penawaran sendiri.Nah untuk Anda yang ingin memilih, menawar, dan membayar sendiri mobil bekas yang kelak akan menjadi milik Anda, berikut beberapa Tips Membeli Mobil Bekas.

Tentukan Target

Ini adalah cara membeli mobil bekas yang paling utama, tentukan dulu mobil jenis apa yang mau Anda beli.Tentukan jenis mobil sesuai kebutuhan dan kondisi jalan sekitar rumah Anda. Maksudnya kalo jalan yang sering Anda lewati banyak medan beratnya ya jangan beli type Sedan… hehehehehe, kasian kantong Anda kalo musti bolak balik bengkel benerin kaki – kaki mobil. Sesuaikan Target Mobil Bekas yang akan Anda beli dengan kekuatan isi dompet Anda. Syukur – syukur masih ada sisa buat masukin langsung ke bengkel setelah dapet tuh mobil, yah namanya juga Mobil Bekas, musti persiapkan dana maintenance kan?

Usahakan merk Mobil bekas yang akan Anda beli berasal dari pabrikan yang memiliki purna jual bagus dan onderdilnya mudah didapat. Contohnya ya merk – merk ternama lah, ndak perlu disebut disini nanti dikira promosi produk lagi.

Pelajari Siapa Pemilik Mobil sebelumnya

Tips membeli Mobil bekas berikutnya, adalah mencoba meraba sedetail mungkin siapa pemilik mobil sebelumnya dan bagaimana karakter dia dalam mengendarai mobil. Kalo Abang Makelar biasanya udah lihai banget tuh menebak karakter pengendara sebelumnya hanya dengan melihat dan ngobrol beberapa saat dengan sang pemilik. Syukur – syukur Anda nemuin Mobil bekas dari orang yang rajin merawat dan beneran cinta mobil, ndak sekedar make tuh mobil.

Cek Body Mobil Bekas

Bagian ini juga tidak kalah pentingnya dalam memilih Mobil bekas yang akan Anda beli. Kalo kaca lampu tuh mobil kelihatan suram, pertanda mobil sering dijemur, berarti pemilik lama kurang care sama mobil. Kalo kaca mobilnya polos, sama sekali ndak ada tulisan timbul atau sablonan merk, berarti itu kaca imitasi atau mungkin kaca nako yang dipake, berarti mobil sudah pernah ganti kaca, kalo ndak tabrakan ya ketiban durian mungkin.

Karet nat yang udah rentan dan retak, siap – siap aja pake jas hujan walaupun di dalem mobil, itu tanda Mobil rawan bocor kalo hujan. Cek lebar nat antar pintu dan kusen apakah sama lebarnya disekeliling seluruh pintu? , kalo beda ya kemungkinan tuh mobil bekas di las atau didempul, artinya pernah nyium mobil lain dulunya.Cek Talang Air di atas pintu, kalo karatan berarti ya itu tadi, sang pemilik lama demen hujan hujanan alias ndak punya garasi pribadi buat naruh mobilnya.

Ketok lembut sekeliling Body Mobil, bila suara nyaring berarti aman, tapi kalo suaranya kayak ember digetok, berarti tuh mobil pernah didepul atau sudah di cet ulang.

Interior Mobil

Kalo udah puas ngecek Body Mobil, sekarang coba Anda masuk ke dalam Mobil target dan cek interiornya.Lihatin tuh dashboard, kalo banyak kabel berseliweran, siap – siap aja nanti jalan – jalannya ditemenin mobil damkar. Kalo jok mobil udah kempes atau bahkan robek, berarti tuh mobil emang udah saatnya pensiun atau sudah terlalu lama bertugas.

Buka karpet interior, periksa lantai pada keropos atau tidak.Nyalakan mesin, dan perhatikan presnelling tuh mobil, kalo bergetar ndak bisa diem, pertanda tuh mobil bakal ada masalah nantinya di area gearbox.

Cek mesin

Kalo interior udah cukup, segera keluar jangan dulu kebetahan didalam, kan belum dibeli tuh mobil. Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah Cek Mesin, coba buka kap mesin dan perhatikan: Cek kabel – kabel, kalo berantakan tapi Anda udah kadung cinta sama tuh mobil, berarti PR Anda setelah dibeli tuh mobil langsung bawa ke tukang dynamo untuk merapikan kabel – kabel tadi.

Cek apakah ada kebocoran oli di mesin, kalo mesin belepotan oli pertanda bentar lagi tuh Mobil turun berok alias turun mesin. Cek Air Radiator, kalo bening berarti bagus, kalo keruh berarti oli mesin nyampur masuk ke radiator, ini biasanya masalah perpack atau seal sindercop.

Cek Kelengkapan Surat

Kalo semuanya udah beres dan Anda masih ngebet berat buat beli tuh mobil, langkah terahkir tips membeli mobil bekas adalah ngecek kelengkapan STNK dan BPKB mobil tersebut. Kalo soal ini mendingan bawa aja tuh mobil ke Samsat buat di cek fisik, sebab jaman sekarang penjahat makin lihai bikin STNK dan BPKB palsu yang susah dibedain dengan mata telanjang.

Leave a Comment